" T A K K I R O "

.....Mboten Pareng Sambat.....

Kebaikan lahir dari Keburukkan



Ukuran baik dan buruk seperti jurang yg dalam terpisa dalam kelas yg berbeda dan rewadnya pun surga atau neraka semua dihadapkan pada pilihan yg hampir tidak tersentuh namun setiap langka dan pikiran kita sudah pasti mengarah pada dua sisi baik atau buruk. 
Kedua sisi baik dan buruk itu seperti malam dan siang silih berganti menghampiri pada setiap aliran darah dan denyut jantung manusia, tanpa disadari semua mengalir seperti kita memasuki malam menuju siang semua berjalan sesuai dengan sunahNya hukum alam yg berlaku,  dari situlah banyak keburukan melahirkan kebaikan dan sebaliknya banyak kebikan pula melahirkan keburukan maka tidak selayaknya kita menghujat keburukan dan memuja kebaikan karena keduanya seperti siang dan malam keberadaannya silih berganti sesuai hukum alam.  
Tingkat kebaikan dan tingkatan keburukan setiap manusia berbeda sesuai dengan kondisi dan lingkungannya, keburukan di wilayah A. Tidaklah seburuk ketika berada di wilayah B,  begitu juga kebaikan nya akan sebanding dengan kondisi dan lingkungannya. 
Dari situ perlu kita sadari antara kebaikan dan keburukan kemutlakannya hanya pada sisi Allah namun kita selaku abdun selalu berupaya menuju keihlasan dan kesabaran dalam segala bentuk keberadaan, entah disebut baik atau buruk semua akan bermuara seperti siang dan malam mengalir pada setiap tetes kehidupan manusia dan hanya Allah penilai dari semua refleksi kehidupan manusia. Semoga kebaikan dan keburukan menurut kita akan menjadi baik menurut Allah. Amiin. 

Baca juga:

Tags:

0 komentar



Emoticon